Manado Locals Day | Gerakan Mendukung Brand Lokal Manado

manado locals day

Manado Locals Day - Pernah mendengar gerakan Manado Locals Day atau MLD yang sering Saya dengar. MLD seperti penggerak untuk brand local enthusiast. Mereka sering menjadi penyelenggara sebuah acara menjadi media khusus untuk menyebarkan brand lokal asal Manado.


Baca juga: Sana Coffee Flamboyan


Siapa sih Manado Locals Day?

Menurut saya, Manado Locals Day seperti gerakan atau sebuah media untuk memasarkan sebuah brand lokal bisa dikatakan juga sebagai komunitas para antusias merek lokal dari Manado. Pertama kali membuat konten tentang MLD pada tanggal 23 Oktober 2021 masih aktif sampai konten ini dibuat. Orang-orang dibalik MLD sudah bisa dikatakan seorang antusias brand lokal atau bisa juga sekelompok orang yang punya tujuan yang sama yaitu mengenalkan merek lokal beserta filosofinya ke orang-orang yang datang ke acara.


Pendapat pribadi tentang Manado Locals Day

Saya sudah beberapa kali memantau dan melihat aksi MLD ini, tapi tidak ikut bergabung pada gerakan ini apalagi datang ke acaranya. Biasanya yang datang ke acara seperti MLD seorang yang fashinoable sedangkan saya bukan orang fashionable, lagi pula ini asumsi pribadi saja. Saya baru datang ke acara mereka saat Grand Opening Sana Coffee pada tanggal 1 Mei 2024. 


Saya sendiri sih beransumsi kalau MLD punya kaki tangan sendiri, makanya jangkauan mereka besar, saya melihat konten reels mereka untuk Sana Coffee saja sekitar 25 ribu play. Jadi sedikit kaget saja walaupun followers instagram mereka dibawah 5 ribu, mereka bisa mencapai jangkauan sebesar itu.


Dikutip dari konten pertama mereka, mereka mengenalkan diri sebagai komunitas, media, gerakan dan penggemar merek lokal khususnya brand pakaian asal Manado, selain kopi lokal yang menjamur, seni yang dituangkan pada brand pakaian saat ini sangat menjamur di Manado, banyak anak muda yang pergi ke rumah kopi, kedai kopi atau kafe. Mereka sering menggunakan pakaian merek lokal asal Manado. Mungkinkan ini efek besar dari Manado Locals Day? MLD sendiri sangat mempersilakan bagi merek kecil & besar untuk mendukung gerakan ini, 


image source: instagram @manadolocalsday

Jika saya sebutkan disini pasti banyak nama merek lokal yang muncul, karena sejak tanggal 23 Oktober 2021, mereka sudah mulai menyebarkan brand lokal yang ada di Sulawesi Utara, dari Manado sampai Kotamobagu. Selain mereka menyebarkan informasi merek lokal dari Manado ataupun kota lain di Sulawesi Utara, mereka juga mengadakan lelang pada beberapa baju dimulai dari 0 rupiah. 


Sejak konten awal mereka hingga saat konten ini dibuat, mereka masih terus konsisten menyebarkan brand lokal Manado, beberapa contoh yang sudah dikenal adalah Infiniters, Fusion, Teefees, dan beberapa brand lokal asal Manado lainnya.


Kesimpulan & Akhir kata tentang Manado Locals Day

Kamu penggemar merek lokal asal Manado atau dari kota lain di Sulawesi Utara? kamu bisa menghubungi MLD melalui instagram mereka di @manadolocalsday, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa tanya-tanya sama MLD. Untuk bekerja sama dengan MLD hubungi sendiri ya. Baru sedikit informasi yang dapat Saya tulis di konten ini, karena minimnya informasi tentang gerakan ini.


Diupdate terakhir: 15 Juli 2024, 20:35 WITA

LihatTutupKomentar